Ibadah Haji

Belum Ada Kepastian Haji 2021

Namun yang pasti, Indonesia akan menjadi negara pertama yang akan diberi kabar oleh pemerintah Kerajaan Arab Saudi terkait informasi kepastian haji

Editor: Mansur Amirullah
int
Ilustrasi ibadah haji 

TRIBUNTIMUR.COM – Hingga pertengahan Maret atau empat bulan menjelang musim haji 1442 Hijriah, Pemerintah Kerajaan Arab Saudi belum memutuskan kepastian tentang pelaksanaan ibadah haji 2021.

Belum ada kepastian apakah format haji tahun ini seperti tahun 2020 lalu atau ada perubahan.

Namun yang pasti, Indonesia akan menjadi negara pertama yang akan diberi kabar oleh pemerintah Kerajaan Arab Saudi terkait informasi kepastian haji tahun ini.

Bukan tanpa alasan, karena jumlah jemaah haji Indonesia adalah yang terbesar di antara semua negara di dunia.

Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama, Khoirizi mengatakan hal itu usai menemui Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Esam Abid Althagafi, di Jakarta, Selasa (16/3).

”Kepada kami, Dubes Arab Saudi menyampaikan bahwa Indonesia akan menjadi negara pertama yang menerima informasi kepastian haji, mengingat jumlah jemaahnya terbesar di dunia," kata Khoirizi.

Seiring hal itu, Khorizi memastikan kabar viral di media sosial yang menyebutkan bahwa pelaksanaan haji 2021 akan berlangsung dalam kondisi normal adalah bohong alias hoaks. Kabar tersebut seolah-olah menyebutkan kebijakan tersebut merupakan keputusan Raja Salman.

”Itu hoaks, tidak benar. Sampai saat ini belum ada informasi resmi dari Kerajaan Arab Saudi terkait penyelenggaraan haji 2021," ujar Khoirizi.

Khoirizi mengaku sudah mengkonfirmasi kabar yang beredar itu kepada Dubes Arab Saudi.

Dubes Arab Saudi pun memastikan kabar tersebut tidak bersumber dari Pemerintah Arab Saudi.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved