Pesawat Umumnya Berwarna Putih, Begini Penjelasan Ilmiahnya

Ketika sedang naik pesawat atau memandangi pesawat yang terbang di atas kepala, pernakah Anda memperhatikan bahwa sebagian besar warna pesawat putih?

Dok. Garuda Indonesia
Ilustrasi pesawat Garuda Indonesia 

TRIBUNTIMUR.COM - Ketika sedang naik pesawat atau memandangi pesawat yang terbang di atas kepala, pernakah Anda memperhatikan bahwa sebagian besar warna pesawat putih?

Meski beberapa pesawat memiliki corak berwarna-warni, tapi warna dasar pesawat hampir selalu putih. Ada beberapa alasan mengapa pesawat umumnya berwarna putih.

Ini Alasannya

1. Keuntungan termal

Melansir Science ABC, warna putih adalah reflektor sinar matahari yang luar biasa dan mampu memantulkan hampir semua cahaya yang mengenainya.

Tak seperti warna lain, warna putih hanya menyerap sebagian cahaya. Jika pesawat berwarna selain putih, maka hal itu akan menyerap sinar matahari dan dapat menyebabkan panas pada badan pesawat.

Keuntungannya tidak hanya saat pesawat dalam penerbangan, tetapi juga saat diparkir di landasan pacu. Namun, beberapa pesawat sebenarnya perlu dilapisi cat putih untuk menjamin mesin terbang yang sehat secara struktural.

2. Pemeriksaan retakan lebih mudah

Pesawat terbang secara teratur diperiksa apakah ada retakan, penyok, dan segala bentuk kerusakan permukaan lainnya.

Tidak ada warna yang bekerja lebih baik daripada putih dalam hal melihat retakan di permukaan, karena retakan hampir selalu lebih gelap daripada putih.

Warna putih juga menonjolkan tanda korosi dan titik kebocoran oli, karena dapat meninggalkan jejak berwarna gelap.

Selain itu, pesawat putih lebih mudah dikenali (secara visual) jika terjadi tabrakan atau kecelakaan lainnya, terutama di malam hari atau di perairan yang sangat besar.

3. Lebih murah

Secara biaya mengecat pesawat tidak seperti mengecat pagar. Hal tersebut membutuhkan investasi yang cukup besar, baik dari segi uang, tenaga, maupun waktu.

Lebih banyak cat pada badan pesawat berarti lebih banyak bobot keseluruhan dan secara efektif berarti menambah biaya operasional.

Sementara sebagian besar perusahaan termasuk di industri penerbangan adalah meminimalkan biaya semaksimal mungkin.

Sedangkan cat pesawat berwarna putih dinilai lebih murah.

4. Tidak tampak pudar

Saat terbang di ketinggian dan benar-benar terpapar berbagai kondisi atmosfer, pesawat berwarna cenderung pudar, sehingga membutuhkan banyak pengecatan untuk mempertahankan daya tarik estetika.

Sebaliknya, pesawat berwarna putih tidak tampak berbeda secara signifikan, bahkan setelah menghabiskan banyak waktu di udara.(*)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved