Manfaat Sering Mengkonsumsi Mangga yang Jarang Diketahui

Mangga merupakan buah asal wilayah tropis yang memiliki banyak sekali jenis dengan keunikan rasa, bentuk, ukuran, dan warna

shutterstock
Buah Mangga 

TRIBUNTIMUR.COM – Mangga merupakan buah asal wilayah tropis yang memiliki banyak sekali jenis dengan keunikan rasa, bentuk, ukuran, dan warna.

Tidak hanya disantap langsung, buah dengan buah berwarna oranye ini juga banyak diolah menjadi makanan penutup manis.

Buah mangga banyak digemari karena rasanya yang lezat sekaligus profil nutrisinya yang mengesankan. Faktanya, penelitian telah mengaitkan buah mangga dengan berbagai manfaat kesehatan, salah satunya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dilansir dari Healthline, 17 Desember 2018, 165 gram buah mangga mengandung 99 kalori, 1,4 gram protein, 24,7 gram karbohidrat, 0,6 gram lemak, 2,6 gram serat makanan.

Kemudian, ada pula vitamin C, tembaga, folat, vitamin B6, vitamin A, vitamin E, vitamin B5, vitamin K, niasin, kalium, riboflavin, mangan, tiamin, magnesium, fosfor, asam pantotenat, kalsium, selenium, dan zat besi.

Dengan kandungan nutrisi yang sangat baik, berikut adalah manfaat buah mangga untuk kesehatan, dilansir dari WebMD, 17 September 2020.

1. Menurunkan risiko kanker
Buah mangga kaya akan beta karoten, pigmen yang memberikan warna kuning atau oranye pada buah. Beta karoten adalah salah satu antioksidan yang terkandung dalam mangga.

Antioksidan terkenal dengan manfaatnya dalam melawan radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel tubuh hingga berpotensi menyebabkan penyakit kanker.

2. Menjaga kesehatan jantung
Buah mangga bermanfaat untuk menjaga agar sistem kardiovaskular tetap sehat dan berfungsi dengan baik. Buah dengan rasa manis ini adalah sumber magnesium dan potasium yang baik. Keduanya terhubung untuk manfaatkan menurunkan tekanan darah.

Selain itu, buah mangga juga mengandung mangiferin, yakni senyawa yang berpotensi mengurangi peradangan pada jantung.

3. Menjaga kesehatan pencernaan
Buah mangga dapat membantu menstabilkan sistem pencernaan. Buah ini memberikan senyawa amilase dan serat makanan yang sangat bermanfaat untuk menghindari sembelit.

Senyawa amilase membantu melarutkan makanan di perut dan memecah pati yang sulit. Sedangkan, serat makanan efektif untuk meredakan sembelit.

Meski mangga kaya akan nutrisi yang bervariasi dan penting untuk kesehatan tubuh, terdapat hal yang harus diwaspadaai saat mengonsumsi buah ini.

Kulit mangga mengandung senyawa yang disebut urushiol yang juga ditemukan dalam poison ivy.

Urushiol merupakan senyawa yang dapat menyebabkan ruam merah serta gatal setelah disentuh. Meski kandungan dalam mangga lebih sedikit dibandingkan poison ivy, kulit mangga tetap bisa menimbulkan gejala tersebut.

Pada kasus yang jarang teradi, beberapa bahkan bisa bereaksi alergi saat memakan buah mangga yang sudah dikupas.(*)

 

Ikuti kami di
KOMENTAR
559 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved