Kenali Penyebab Nyeri di Dada Bagian Tengah

Ada banyak hal yang jadi penyebab nyeri dada tengah. Biasanya, kondisi itu dikaitkan dengan masalah pada jantung atau paru-paru.

kompas.com
Ilustrasi nyeri dada 

TRIBUNTIMUR.COM - Ada banyak hal yang jadi penyebab nyeri dada tengah. Biasanya, kondisi itu dikaitkan dengan masalah pada jantung atau paru-paru.

Namun, ternyata masih banyak faktor lain yang menyebabkan timbulnya rasa nyeri, lo.

Laporan Medical News Today mengatakan, penyebab nyeri dada bisa karena otot di sekitar dada tegang. Tak hanya sebentar, otot yang meradang dapat menimbulkan rasa sakit yang berlangsung cukup lama.

Otot tegang yang terus dibiarkan tentu saja bisa mengganggu aktivitas Anda. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Apalagi jika dibarengi dengan gejala yang lain.

Selain otot tegang, tentu saja masih banyak faktor lain yang menyebabkan nyeri dada.

Asma

Tahukah Anda bahwa asma jadi salah satu penyebab nyeri dada tengah? Asma menyebabkan saluran pernapasan bagian atas mengalami inflamasi atau peradangan.

Tidak hanya menimbulkan nyeri, asma juga ditandai dengan gejala lain. Misalnya, sesak napas atau batuk.

Serangan panik

Serangan panik atau panic attack menyebabkan beberapa kondisi yang membuat tubuh Anda tak nyaman.

Misalnya, nyeri dada, pusing, mual, detak jantung meningkat, dan produksi keringat yang lebih banyak dari biasanya.

Pneumonia

Pneumonia adalah salah satu jenis infeksi yang menyerang paru-paru. Selain menyebabkan rasa tertekan di bagian dada, pneumonia menyebabkan penderitanya mengalami demam, kedinginan, dan batuk yang dibarengi dengan keluarnya lendir.

Serangan jantung

Masalah pada jantung jadi salah satu penyebab utama munculnya nyeri dada tengah. Ada banyak jenis penyakit jantung yang bisa Anda alami, tak terkecuali serangan jantung.

Anda bisa mengatahui serangan jantung terjadi dari beberapa hal. Mulai dari nyeri yang terasa di dada, rahang, dan punggung, sesak napas, dan pusing.

Medical News Today merekomendasikan Anda untuk segera menghubungi tenaga kesehatan jika diri Anda sendiri atau orang lain mengalami kondisi itu.

Tujuannya, supaya penderita serangan jantung bisa mendapat perawatan yang tepat dan cepat.

GERD

Ikuti kami di
KOMENTAR
541 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved