Tips dan Cara Menanam Porang, Umbi Primadona yang Bernilai Ekspor Tinggi

Kesuksesan sang petani tentu tidak terlepas dari belajar cara tanam porang yang benar sekaligus tahu jenis porang yang laku di pasaran.

Editor: Mansur Amirullah
int
Tanaman Porang 

TRIBUNTIMUR.COM - Porang adalah tanaman jenis umbi yang bernilai ekonomi tinggi. Tanaman ini populer karena kisah petaninya yang menjadi miliarder setelah sukses bisnis ekspor porang.

Kesuksesan sang petani tentu tidak terlepas dari belajar cara tanam porang yang benar sekaligus tahu jenis porang yang laku di pasaran.

Mungkin beberapa masyarakat Indonesia masih asing dengan tanaman satu ini. Di beberapa daerah di Jawa, tanaman porang dikenal juga dengan nama iles-iles, sebuah tanaman berjenis umbi dari spesies Amorphophallus Muelleri Blume.

Tanaman yang masih dianggap liar ini mengandung banyak glukomannan, sebuah zat gula kompleks dan serat larut dari ekstrak akar tanaman.

Ekstrak ini kemudian dibuat menjadi tepung mannan yang dapat digunakan untuk kebutuhan industri pangan seperti pembuatan konnyaku atau shirataki.

Tepung mannan juga banyak digunakan oleh industri farmasi, kertas, tekstil, karet, cat, kosmetik, plastik, pemurnian mineral, dan penjernihan air.

Tanaman porang mulai menjadi primadona bagi para petani. Tak cuma punya nilai jual tinggi, tanaman porang ternyata disebut ahli termasuk tanaman yang sangat mudah ditanam.

Tanaman penghasil umbi tersebut memiliki nama ilmiah Amorphophallus muelleri.

Di sebagian wilayah Indonesia, ada juga yang menyebut tanaman Porang dengan nama iles-iles.
Porang menghasilkan umbi yang pasarnya tersebar luas, mulai dari Jepang, China, Taiwan, Vietnam, Australia, dan Korea.

Di pasar ekspor, umbi porang yang diolah menjadi tepung memiliki nilai jual tinggi. Lantas, bagaimana cara menanam porang dan budidayanya?

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved