Kehamilan

7 Tanda-tanda Fisik Seseorang Positif Hamil

Kehamilan merupakan salah satu berita menggembirakan yang ditunggu-tunggu oleh banyak pasangan suami istri.

Editor: Mansur Amirullah
int
Ilustrasi 

TRIBUNTIMUR.COM - Kehamilan merupakan salah satu berita menggembirakan yang ditunggu-tunggu oleh banyak pasangan suami istri. Namun, terkadang tanda-tanda hamil tidak disadari oleh sebagian wanita, terutama wanita yang belum pernah hamil sebelumnya.

Walaupun tidak semuanya, sebagian wanita baru menghentikan kebiasaan kurang sehat, seperti makan junk food dan minum soda, ketika sadar hamil.

Padahal, kesehatan ibu hamil dan janin lebih baik dijaga dan dipantau dari awal kehamilan. Oleh karena itu, tanda-tanda hamil sebaiknya disadari dan diperiksakan sejak dini.

Tanda-Tanda Hamil

Selain dapat diketahui dengan alat tes kehamilan atau test pack, kehamilan juga bisa Anda perhatikan dari tanda-tandanya, mulai dari tanda-tanda yang melibatkan perubahan fisik hingga suasana hati. Berikut adalah tanda-tanda hamil yang bisa terjadi di awal kehamilan:

1. Pendarahan ringan dan kram pada perut

Pada proses kehamilan, sel telur yang telah dibuahi akan berkembang menjadi calon janin dan menempel pada dinding rahim.

Proses penempelan ini dapat merusak beberapa pembuluh darah di dinding rahim dan menyebabkan pendarahan ringan atau flek.

Flek tanda kehamilan biasanya terjadi antara 6–12 hari setelah sel telur dibuahi. Perdarahan bisa terlihat sebagai bercak darah berwarna pink atau coklat, bisa juga terlihat seperti darah menstruasi yang masih sedikit.

Selain pendarahan ringan, wanita hamil juga biasanya akan merasakan kram pada perut. Kram ini mirip dengan kram sesaat sebelum menstruasi, namun lebih ringan. Inilah yang menyebabkan pendarahan dan kram perut sering terlewatkan sebagai tanda hamil.

Halaman selanjutnya

2. Terlambat menstruasi

...

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved