5 Bahan Alami yang Bisa Atasi Batu Ginjal

Batu ginjal terbentuk ketika urine menjadi pekat, memungkinkan mineral mengkristal dan saling menempel.

int
Ilustrasi Ginjal Manusia 

TRIBUNTIMUR.COM - ginjal'>Batu ginjal adalah endapan keras yang terbuat dari mineral dan garam yang terbentuk di dalam ginjal. ginjal'>Batu ginjal dapat memengaruhi saluran kemih, mulai dari ginjal hingga kandung kemih.

Batu ginjal terbentuk ketika urine menjadi pekat, memungkinkan mineral mengkristal dan saling menempel.

Mengeluarkan batu ginjal bisa sangat menyakitkan, tetapi batu tersebut biasanya tidak menyebabkan kerusakan permanen jika dikenali tepat waktu.

Adakah bahan alami yang bisa membantu mengatasi batu ginjal?

Air Putih sampai Jus Seledri

Bergantung pada kondisinya, kamu mungkin memerlukan obat pereda nyeri dan minum banyak air untuk mengeluarkan batu ginjal.

Dalam kasus lain misalnya, jika batu ginjal bersarang di saluran kemih sehingga menyebabkan komplikasi pembedahan mungkin diperlukan. Berikut adalah bahan alami yang bisa membantu mengatasi batu ginjal!

1. Air Putih

Menambah asupan air dapat membantu mempercepat proses pengeluaran batu ginjal. Upayakan untuk minum 12 gelas air per hari. Setelah batunya keluar, kamu harus terus minum 8 hingga 12 gelas air setiap hari.

Dehidrasi adalah salah satu faktor risiko utama batu ginjal. Itulah sebabnya kamu direkomendasikan untuk minum air putih.

Perhatikan juga warna urinemu. Idealnya warna urine haruslah kuning pucat yang sangat terang. Urine berwarna kuning tua merupakan tanda dehidrasi.

2. Jus Lemon

Lemon mengandung sitrat, yaitu bahan kimia yang mencegah pembentukan batu kalsium. Sitrat juga dapat memecah batu-batu kecil, memungkinkannya lebih mudah lewat.

Diperlukan banyak lemon untuk membuat efek yang besar, tetapi beberapa dapat membantu sedikit. Jus lemon juga memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya, seperti Membantu menghambat pertumbuhan bakteri dan suplai vitamin C.

3. Jus Kemangi

Kemangi mengandung asam asetat, yang membantu memecah batu ginjal dan mengurangi rasa sakit dan sumber nutrisi. Jus kemangi secara tradisional dapat menjadi obat untuk gangguan pencernaan dan peradangan.

Antioksidan dan antiinflamasi dalam jus kemangi juga dapat membantu menjaga kesehatan ginjal.

Gunakan daun kemangi segar atau kering untuk membuat teh dan minum beberapa cangkir per hari. Kamu juga bisa membuat jus kemangi segar atau menambahkannya ke bahan smoothie lain.

Namun, kamu tidak boleh menggunakan jus kemangi selama lebih dari 6 minggu. Penggunaan yang lebih lama dapat menyebabkan gula darah rendah, tekanan darah rendah, serta peningkatan perdarahan.

4. Cuka Sari Apel

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved