7 Trik Mudah Menghemat Keuangan Keluarga yang Bisa Anda Lakukan Sehari-hari

Menghabiskan penghasilan Anda selama sebulan degan membeli kebutuhan dasar sehari-hari adalah sebuah kewajaran

Editor: Muhammad Irham
int
Ilustrasi 

TRIBUN-TIMUR.COM - Menghabiskan penghasilan Anda selama sebulan degan membeli kebutuhan dasar sehari-hari adalah sebuah kewajaran. Akan tetapi, ada baiknya Anda mengetahui cara menurunkan pengeluaran Anda secara keseluruhan agar dapat menghemat keuangan.

Berikut adalah kegiatan yang dapat Anda tambahkan ke hari Anda untuk membantu Anda menghemat lebih banyak uang untuk tujuan keuangan jangka panjang Anda.

1. Buat kopi Anda sendiri di pagi hari

Membeli kopi setiap hari adalah ritual bagi banyak orang, tetapi itu mahal. Anda tidak harus berhenti minum kopi setiap hari, tetapi Anda akan menghemat banyak dengan membuatnya sendiri.

Jika Anda penggemar kopi yang menginginkan cita rasa kafe, carilah mesin kopi berkualitas. dan pembuih susu.

2. Cabut perangkat yang menguras energi untuk menghemat biaya listrik

Turunkan tagihan listrik Anda dan bantu planet ini dengan mengidentifikasi beban listrik di rumah Anda—alias semua perangkat yang menganggur tetapi masih terpasang.

Juga dikenal sebagai penguras energi vampir, perangkat elektronik seperti pengisi daya telepon, kabel komputer, dan teko kopi menghabiskan banyak energi.

Membiasakan mencabut perangkat dan peralatan saat tidak digunakan dapat menghemat uang untuk tagihan energi Anda.

Kebiasaan hemat energi lainnya adalah mencuci pakaian dengan air dingin, dan menjemur pakaian hingga kering.

3. Lacak pengeluaran harian Anda

Catat berapa banyak uang yang Anda habiskan setiap hari. Anda dapat menggunakan semua jenis anggaran atau aplikasi penganggaran yang berfungsi untuk memantau pengeluaran harian Anda. Ini dapat membantu Anda mengidentifikasi area yang dapat Anda kurangi dengan lebih baik.

"Menyimpan uang itu sulit jika Anda tidak tahu ke mana perginya uang Anda," kata Marissa Zen, pakar keuangan pribadi dan pemilik blog hidup minimalis Squirrels of a Feather, seperti dilansir dari laman Real Simple. 

Pastikan Anda melacak setiap rupiah yang Anda belanjakan. Tidak mengetahui berapa banyak uang yang masuk dan keluar dapat menyebabkan kecemasan finansial—melacak pengeluaran harian Anda dapat membantu Anda mendapatkan gambaran sebenarnya tentang uang Anda dan membantu Anda membuat keputusan uang yang lebih cerdas saat bepergian.

4. Tunggu 30 hari sebelum Anda membeli

Pembelian impulsif adalah hal lain yang menguras uang Anda. Cobalah untuk mengurangi pengeluaran impulsif yang Anda lakukan secara teratur.

Menghasilkan anggaran realistis yang dapat Anda patuhi adalah salah satu cara untuk membantu mengekang pengeluaran berlebihan untuk hal-hal yang tidak benar-benar Anda butuhkan.

Zen merekomendasikan untuk menunggu 30 hari untuk membeli barang, tidak peduli seberapa besar atau kecilnya barang tersebut.

"Aturan 30 hari dapat membantu Anda mengurangi pengeluaran impulsif dan menghemat lebih banyak uang saat Anda menjadi lebih baik dalam mengidentifikasi keinginan versus kebutuhan Anda," jelas Zen.

5. Luangkan waktu untuk merapikan atau menemukan barang untuk dijual

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved