Tanda-tanda Orang yang Meninggal dalam Keadaan Husnul Khatimah

Bagi umat Islam, meninggal dunia dalam kondisi husnul khotimah merupakan dambaan setiap Muslim yang beriman.

Editor: Muhammad Irham
int
Ilustrasi meninggal dunia 

TRIBUN-TIMUR.COM - Bagi umat Islam, meninggal dunia dalam kondisi husnul khotimah merupakan dambaan setiap Muslim yang beriman.

Husnul khotimah artinya akhir yang baik, meninggal dalam keadaan baik.

Tanda-tanda itu, jika di antara 10 tanda ini sedang dikerjakan atau jadi penyebab seorang meninggal, Insya Allah orang tersebut meninggal dalam keadaan husnul khotimah.

Husnul khotimah adalah akhir hidup yang baik bagi seorang muslim.

Hadits Anas bin Malik yang diriwayatkan Imam Ahmad yang menunjukkan tentang husnul khotimah pada seorang hamba, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda;

ذَا أَرَادَ اللَّهُ بِعَبْدٍ خَيْرًا اسْتَعْمَلَهُ قَالُوا وَكَيْفَ يَسْتَعْمِلُهُ قَالَ يُوَفِّقُهُ لِعَمَلٍ صَالِحٍ قَبْلَ مَوْتِهِ

“Apabila Allah menghendaki kebaikan kepada seseorang, maka Allah akan membuatnya beramal.” Para sahabat bertanya; “Bagaimana membuatnya beramal?” beliau menjawab: “Allah akan memberikan taufiq padanya untuk melaksanakan amal shalih sebelum dia meninggal.” (HR. Ahmad dan Tirmidzi)

Ilustrasi meninggal dunia
Ilustrasi meninggal dunia. (Istimewa)

Mati dalam keadaan husnul khotimah memiliki tanda-tanda.

Diantara tanda-tanda itu ada yang hanya diketahui oleh orang yang akan meninggal, namun ada pula tanda-tanda itu bisa diketahui oleh semua orang.

Allah Subhanahu Wata’ala berfirman;

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved