Cara Cepat Menyembuhkan Diare, Salahsatunya Banyak Minum Air

Diare adalah kondisi di mana frekuensi buang air besar lebih sering daripada biasanya.

Editor: Muhammad Irham
int
Ilustrasi Diare 

TRIBUN-TIMUR.COM - Hampir setiap orang pernah mengalami diare. Selain mengganggu aktivitas yang sedang Anda lakukan, diare juga bisa menyebabkan masalah kesehatan lain yang lebih serius.

Maka dari itu, cara mengatasi diare perlu segera Anda lakukan. Diare adalah kondisi di mana frekuensi buang air besar lebih sering daripada biasanya.

Feses yang keluar pun bertekstur lembek dan mengandung banyak air. Jika tak diobati, diare bisa membuat tubuh Anda dehidrasi atau kekurangan cairan.

Beberapa gejala diare yang dapat Anda alami seperti sakit perut dan demam. Jika cara-cara di bawah ini tak memberikan efek apa pun, segera periksakan kondisi tubuh Anda ke dokter, ya.

Nantinya, dokter memberi saran perawatan yang sesuai dengan kondisi Anda.

1. Minum air putih

Diare bisa membuat tubuh Anda dehidrasi.

Maka dari itu, Live Strong merekomendasikan Anda untuk minum banyak air putih. Selain mempercepat proses penyembuhan diare, minum air putih juga efektif meredakan pusing dan kondisi lain akibat diare.

2. Konsumsi serat

Mengonsumsi sumber serat, seperti wortel, termasuk salah satu cara mengatasi diare. Cara mengatasi diare berikutnya adalah dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung soluble fiber atau serat yang larut dalam air.

Tubuh akan mencerna makanan dan minuman dengan nutrisi itu lebih lambat sehingga mampu meredakan diare.

Ada beragam jenis makanan yang mengandung soluble fiber. Mulai dari oatmeal, apel, buah sitrus, hingga wortel.

Usahakan untuk tidak mengonsumsi jenis makanan itu dengan pemanis tambahan, ya. Gula justru bisa memperparah diare yang sedang Anda alami.

3. Konsumsi probiotik

Cara mengatasi diare bisa dengan mengonsumsi probiotik, seperti dari yogurt. Obat diare lain yang disarankan Live Strong adalah makanan dan minuman yang kaya probiotik.

Apalagi, jika diare yang Anda alami terjadi karena infeksi. Ada banyak jenis sumber probiotik yang dapat Anda jadikan pilihan, seperti yogurt, kimchi, dan tempe.

4. Hindari makanan dan minuman tertentu

Cara mengatasi diare lainnya yang tak boleh Anda abaikan adalah menghindari beberapa jenis makanan dan minuman. Mulai dari makanan pedas, minuman beralkohol, hingga produk olahan susu yang mengandung laktosa. Ini bisa memperparah diare Anda.(*)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved