Mengenal Monumen Mandala, Simbol Pembebasan Irian Barat yang Berdiri Kokoh di Kota Makassar

Tak hanya memiliki wisata alam yang indah, Sulawesi juga menyimpan wisata sejarah yang tak kalah menarik untuk dijelajahi.

int
Monumen Mandala di pusat Kota Makassar 

TRIBUNTIMUR.COM - Tak hanya memiliki wisata alam yang indah, Sulawesi juga menyimpan wisata sejarah yang tak kalah menarik untuk dijelajahi. Di Sulawesi ada sebuah bangunan yang berdiri kokoh dan bisa dijadikan sebagai destinasi wisata sejarah.

Mengenang sejarah bagi Anda dengan keluarga bisa menjadi salah satu cara untuk berwisata sambil belajar. Jika Anda sedang ke Sulawesi tepatnya ke Makassar singgah ke Monumen Mandala yang menjadi pembebasan Irian Barat tentu akan mengasyikkan. Simak ulasan berikut.

Monumen Pembebasan Papua Barat Berdiri Kokoh Di Pusat Kota

Monumen Pembebasan Papua Barat Berdiri Kokoh Di Pusat Kota

Image Credit by Dolandolen.com

Monumen Mandala yang juga dikenal sebagai Monumen Pembabasan Irian Barat ini merupakan salah satu bangunan yang menjadi saksi salah satu sejarah di Indonesia. Peletakkan batu pertama kali dilakukan oleh Menko Polkam saat itu yakni Soesila Sudarman di tanggal 11 Januari 1994. Hingga akhirnya pada 19 Desember 1995 monumen ini diresmikan oleh Presiden Soeharto secara langsung pada masa itu.

Di bangun di atas lahan yang luasnya 1 hektar ini kini banyak dikenal sebagai monumen pembebasana Irian Barat. Tentunya monumen ini menjadi saksi perebutan Irian Barat yang pada saat itu masih dikuasai Belanda.

Meskipun Indonesia telah menyatakan kemerdekaannya di tahun 1945. Setelah berjuang selama 20 Tahun akhirnya Irian Barat kembali bergabung menjadi bagian dari NKRI hingga saat ini.

Sejarah panjang ini menjadi latar belakang monumen megah ini di bangun. Pemilihan kota Makassar sendiri di dasarkan karena Makassar menjadi markas pasukan pembebasan Irian Barat.

Semua pergerakkan dimulai dari kota ini sehingga membuat Makassar dijadikan lokasi pembangun Monumen Mandala. Perjuangan panjang masa itu berhasil membawa Irian Barat kembali ke pangkuan sang ibu pertiwi tepat di Tahun 1962.

Mengintip Sekilas Sejarah Pembebasan Irian Barat

Mengintip Sekilas Sejarah Pembebasan Irian Barat

Image Credit by Situsbudaya.id

Tidak lengkap rasanya jika hanya mengetahui bahwa monumen pembebasan Irian Barat tiba tiba berdiri tanpa mengetahui sejarahnya. Indonesia memang telah mengusahakan untuk kembali merebut Irian Barat dengan melakukan berbagai perjanjian serta rundingan dengan Belanda. Namun bertahun tahun lamanya segala upaya yang telah ditempuh tidak membuahkan hasil. Sehingga mau tidak mau harus menggunakan cara lain.

Di Tahun 1961, Presiden RI yang pada saat itu Ir. Soekarno menggagas sebuah pergerakan yang disebut dengan Trikora atau Tiga KomAnda Rakyat. Terbentuklah komando Mandala yang saat itu dipimpin langsung oleh panglima Mayor Jendral Soeharto.

Komando Mandala ini bertugas untuk menyelenggarakan operasi militer dengan perencanaan dan persiapan sebelumnya, guna untuk merebut kembali Irian Barat ke Bumi Pertiwi.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved