Sembuhkan Batuk dengan 5 Bahan Alami Ini

Batuk sendiri merupakan penyakit yang bisa jadi paling banyak diderita hampir semua orang.

Editor: Mansur Amirullah
int
Ilustrasi batuk 

TRIBUNTIMUR.COM - Batuk, baik batuk kering maupun disertai dengan dahak, sangat mengganggu. Batuk sendiri merupakan penyakit yang bisa jadi paling banyak diderita hampir semua orang.

Saat ini sudah banyak sekali obat batuk yang tersedia di pasaran. Berbagai merek obat batuk yang bisa diperoleh dengan mudah di apotek.

Namun sebenarnya, banyak sekali obat batuk alami yang bisa diperoleh dengan mudah di sekitar kita. Nah, berikut ini 5 obat alami yang bisa menyembuhkan batuk seperti dilansir dari Medical News Today.

1. Madu

Menurut beberapa penelitian, madu dapat meredakan batuk. Sebuah studi tentang pengobatan untuk batuk yang sering terjadi pada malam hari pada anak-anak, membandingkan efektivitas obat batuk dengan madu.

Para peneliti melaporkan bahwa madu memberikan efek meredakan lebih tinggi dibandingkan obat batuk yang mengandung dekstrometorfan.

Untuk mengobati batuk, gunakan campuran dua sendok teh madu dengan air hangat atau bisa dicampur dengan teh. Minum ramuan ini sekali atau dua kali sehari. Namun, jangan berikan madu kepada anak di bawah usia 1 tahun.

2. Jahe

Jahe dapat meredakan batuk kering dan asma, karena memiliki sifat anti-inflamasi. Rempah ini juga dapat meredakan mual dan nyeri.

Satu sebuah penelitian menunjukkan bahwa beberapa senyawa anti-inflamasi dalam jahe dapat mengendurkan selaput di saluran paru, yang dapat mengurangi batuk.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved