6 Tanaman Bunga yang Bisa Dijadikan Obat Herbal

Tanaman obat memiliki manfaat bagi kesehatan manusia, tetapi tanaman hias dapat mempercantik taman dan memberi pemandangan indah.

Editor: Muhammad Irham
int
Bunga Marigold 

TRIBUN-TIMUR.COM - Saat akan menanam tanaman di kebun rumah, mungkin sulit memilih tanaman yang akan ditanam.

Apakah itu tanaman obat atau tanaman hias? Tanaman obat memiliki manfaat bagi kesehatan manusia, tetapi tanaman hias dapat mempercantik taman dan memberi pemandangan indah.

Untungnya, ada banyak tanaman yang termasuk dalam kedua kategori tersebut, yakni bisa menjadi tanaman hias sekaligus tanaman obat.

Dilansir dari Herbazest, Senin (23/8/2021), berikut ini adalah enam tanaman bunga yang dapat menjadi tanaman hias sekaligus obat.

Yarrow (Achillea millefolium)

Bunga yarrow tumbuh dalam kelompok bunga kecil dengan aneka warna seperti putih, kuning, hingga pink muda. Memiliki daun yang mirip dengan tanaman pakis, yarrow populer di kalangan tukang kebun karena memiliki warna yang indah.


Yarrow dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan, terutama mengurangi peradangan. Tanaman bunga ini juga bisa dibuat teh yang dapat mengurangi demam dan meringankan perut yang tidak nyaman.

Lavender (Lavandula spp)

Terkenal memiliki bunga berwarna ungu yang lembut dan cantik serta aromanya yang harum dan menenangkan, lavender menjadi tanaman hias aromatik yang bagus. Namun, aroma lavender tidak hanya menenangkan, tetapi juga membantu mengurangi depresi dan kecemasan.

Penelitian menemukan bahwa aroma lavender dapat mengubah gelombang otak, membantu merilekskan tubuh, dan meningkatkan mood.

Jewelweed (Impatiens capensis)

Bunga jewelweed memiliki warna oranye cerah dan bentuk seperti cangkir. Bunga ini mekar dalam kelompok kecil pada sepanjang batangnya. Bunga jewelweed mempunyai tampilan yang indah yang dapat mempercantik taman.

Bunga ini juga dapat menenangkan kulit. Oleskan bunga jewelweed pada kulit yang iritasi untuk mengurangi rasa sakit, terutama yang disebabkan luka bakar.

Fuchsia (Fuchsia spp)

Bunga fuchsia dikenal dengan warna merah muda-ungu cerah. Warna inilah yang mengilhami nama warna fuchsia.

Memiliki tampilan yang indah dan mekar membuat Fuchsia mampu memberikan pemandangan yang cantik di taman.

Selain itu, fuchsia bermanfaat membantu menurunkan tekanan darah berkat kandungan tanin diuretiknya yang tinggi, yang membuang kelebihan natrium dari tubuh.

Chicory (Cichorium intybus)

Chicory mempunyai warna ungu kebiruan yang indah, yang dapat menambahkan sentuhan warna di kebun Anda.

Selain itu, bunga chicory dapat membantu mencegah kerusakan hati. Bunga chicory mengandung senyawa aktif, yakni laktusin dan laktuprikin.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved