Kenali Tanaman Hias yang Berbahaya bagi Kesehatan, Ada yang Bisa Bikin Koma

Sebelum memutuskan memelihara tanaman hias, ada baiknya mengetahui bahaya yang akan ditimbulkan jika bagian dari tanaman hias tersebut masuk ke tubuh

Editor: Muhammad Irham
int
Bunga Lili 

TRIBUN-TIMUR.COM - Di masa pandemi seperti saat ini, memelihara tanaman hias, bisa jadi alternatif mengusir kebosanan selama berada di rumah.

Sebelum memutuskan memelihara tanaman hias, ada baiknya mengetahui bahaya yang akan ditimbulkan jika bagian dari tanaman hias tersebut masuk ke dalam tubuh.

Agar tidak tertipu dengan wujud cantiknya, mari simak 5 tanaman berbahaya yang sebaiknya tidak ditanam di pekarangan rumah.

Tanaman Angel’s Trumpet

Tanaman yang juga dikenal sebagai kecubung ini memiliki bunga yang indah. Sayangnya tanaman ini mengandung zat halusinogen, atropin, hiosciamina, dan skopolamin yang termasuk dalam kategori narkotika sehingga beberapa negara melarang jual-beli tanaman ini.

Jika zat tadi terhirup, maka korbannya akan mengalami halusinasi, bahkan hilang kesadaran. Jangan menanamnya di rumah, apalagi jika Anda memiliki anak kecil.

Tanaman Bunga Jepun

Masih seputar bunga, tanaman berbahaya berikutnya yang perlu dihindari adalah bunga Nerium oleander atau bunga Jepun.

Bunganya cantik dan tidak perlu menunggu lama untuk melihatnya mekar. Tapi, bunga yang satu ini memiliki racun oleandrin dan neriine yang mampu mengganggu sistem saraf, sistem pencernaan, dan sistem peredaran darah. Efek samping yang dirasakan tergantung dari kondisi tubuh penderita.

Paling parahnya, satu penderita bisa menderita ketiga efek samping tersebut sekaligus.

Gejala yang akan dialami korban dari tanaman Nerium oleander ini adalah mual, muntah, detak jantung tidak teratur, sakit kepala, hingga koma.

Tanaman Jarak

Daun jarak sudah lama dikenal ampuh mengobati ragam penyakit seperti perut kembung, sulit BAB, kulit terluka, rematik, dan masih banyak lagi.

Sayangnya bagian biji tanaman jarak ini mengandung racun berbahaya.

Biji jarak jenis kepyar mengandung racun bernama ricin, sedangkan biji jarak jenis daun jarak pagar mengandung racun bernama curcin.

Kedua racun ini tergolong dalam kategori toksalbumin yang mampu menggumpalkan sel darah merah serta menyebabkan pendarahan pada saluran cerna.

Biji tanaman jarak juga mengandung asam galat yang bisa membuat iritasi lambung dan gagal ginjal.

Bunga Lili

Sebagai salah satu tanaman bunga di daerah tropis, bunga Lili sering dijadikan buket bunga atau penghias ruangan karena tampilannya yang cantik. Tanaman hias yang satu ini sebenarnya tidak berbahaya bagi manusia, namun bisa berakibat fatal jika Anda memelihara kucing. Bunga lili dengan jenis hemerocallis bisa membuat kucing yang menjilat daunnya mengalami gagal ginjal, bahkan kematian.

Tanaman Gympie-gympie

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved