5 Posisi Terbaik untuk Bersalin, Ada Posisi Berdiri dan Merangkak

Proses melahirkan bisa membuatmu merasa tidak nyaman, apalagi dengan munculnya kontraksi yang menyakitkan atau nyeri punggung.

Editor: Muhammad Irham
int
Ilustrasi ibu hamil 

TRIBUN-TIMUR.COM - Berbeda dengan kebiasaan yang selama ini dilakukan, ternyata posisi berbaring terlentang terlalu lama belum tentu baik untuk mendukung kelancaran proses bersalin.

Oleh karena itu, cobalah berbagai macam posisi tubuh lain untuk membantu persalinan berjalan dengan lancar.

Proses melahirkan bisa membuatmu merasa tidak nyaman, apalagi dengan munculnya kontraksi yang menyakitkan atau nyeri punggung.

Hal tersebut untungnya bisa diatasi dengan mengubah posisi tubuhmu, lho! Posisi yang tepat juga bisa membantumu mengeluarkan Si Kecil ke dunia dengan lebih mudah.

5 Posisi untuk Membantu Persalinan

Berikut ini adalah beberapa posisi untuk membantu persalinan yang bisa kamu coba, mulai sejak kontraksi hingga menunggu waktu mengejan tiba:

1. Berdiri atau berjalan

Saat sudah merasakan tanda-tanda ingin melahirkan, kamu mungkin berpikir bahwa hal terbaik yang bisa membuatmu nyaman adalah berbaring di tempat tidur.

Namun, pemikiran itu salah. Membiarkan tubuh berdiri tegak justru dapat membantumu lebih kuat untuk menghadapi nyeri kontraksi serta membuatmu lebih siap menjalani persalinan.

Menurut penelitian, waktu persalinan juga bisa lebih cepat jika kamu berdiri atau berjalan. Jika saat berdiri atau berjalan-jalan kamu mengalami kontraksi, kamu bisa bersandar ke tubuh pasanganmu atau memeluknya.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved